Breaking News

Barthel Liwan Terpilih Kembali Sebagai Damang Kecamatan Bukit Batu

Barthel Liwan Terpilih Kembali Sebagai Damang Kecamatan Bukit Batu Senin (27/1)Tangkiling – Pemilihan Damang Kecamatan Bukit Batu yang digelar di Aula Kecamatan Bukit Batu, Senin (27/1), berjalan lancar dan kondusif. Dewan Adat Dayak (DAD) Kota Palangka Raya, camat, seluruh lurah, pimpinan LKK dan mantir adat di Kecamatan Bukit Batu, perwakilan dari TNI/Polri, dan tokoh masyarakat hadir dalam pemilihan damang yang diikuti 3 kandidat asli putra daerah: Barthel Liwan, Ethel Sumadi, dan Perdinan Guris Hareman.

Ketua Panitia Pemilihan Damang Kepala Adat Kecamatan Bukit Batu, Herwin mengatakan, sesuai dengan Perda Kota Palangka Raya Nomor 15 Tahun 2009 tentang Kelembagaan Adat Dayak di Kota Palangka Raya, pihak yang dapat memberikan hak suaranya dalam pemilihan damang adalah lurah, Ketua LKK, semua anggota dan Ketua Kerapatan Mantir Perdamaian Adat setempat.

“Suara tidak bisa diwakilkan dengan alasan apapun. Jumlah pemilih yang dapat mengikuti Pemilihan Damang Kecamatan Bukit Batu ini berjumlah 38 suara, sebagaimana yang diatur dalam Perda yang ada,” sebutnya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penyampaian visi dan misi dari ketiga calon damang yang akan membawakan program unggulannya masing-masing. Hasil akhir pemilihan, terdapat 33 suara sah yang telah masuk, Barthel Liwan meraih 21 suara dan Perdinan Guris Hareman meraih 10 suara. Menariknya, Ethel Sumadi yang menyatakan mengundurkan diri tetap meraih 2 suara.

Ketua Harian DAD Kota Palangka Raya Mambang Tubil mengatakan, dengan terpilihnya kembali Barthel Liwan sebagai Damang Kecamatan Bukit Batu, maka dalam menjalankan tugas untuk penyelenggaraan dan penegakan hukum adat serta pemberdayaan adat istiadat di Bukit Batu diharapkan lebih baik. Sinergitas bersama pemerintah kecamatan lebih ditingkatkan.

“Kita dorong agar damang baru nantinya membuat Peraturaan Damang untuk menjamin kepastian hukum terhadap penyelesaian sengketa adat. Karena di sini memiliki potensi wisata dan benda adat yang cukup bernilai dalam masyarakat adat tentu harus proaktif dalam membangun kerja sama dengan Pemda dan Forum Musyawarah Kecamatan untuk meningkatkan pelayanan ke masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Camat Bukit Batu Hendrikus Satriya Budi menuturkan, pihaknya siap untuk terus meningkatkan sinergitas bersama dengan damang yang baru. Sebagai bukti nyata, pihaknya segera menyediakan kantor bagi damang yang berada tepat di sebelah Kantor Kecamatan Bukit Batu, untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat.

“Selama ini damang untuk berkantor dan berurusan selalu dari rumah. Kali ini pemerintah memberikan dukungan agar pelayanan adat di masyarakat bisa terus meningkat, kita siapkan bangunan untuk bisa dimanfaatkan damang, agar masyarakat lebih mudah menjangkau pelayanan dibidang adat istiadat,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.